Welcome

Selamat Datang di HomePage nya Dena..... Selamat Menikmati...!!

31 May 2008

Mengapa tariff CDMA lebih murah dibanding GSM (pendapatku)

Pengen nulis aja unek-unekku: “memang bener yang mbuat tarif CDMA lebih murah adalah regulasi. CDMA ada dua lisensi yakni Fixed wireless CDMA dan Selular CDMA. Untuk fixed wireless CDMA regulasinya sama dengan telpon rumah atawa PSTN, makanya Fixed wireless CDMA lebih murah masalahnya TELKOM punya Flexi sih (ingat, Fixed wireless CDMA pertama di Indonesia kan Flexi), sedangkan selular CDMA itu yang bisa mobile (berpindah-pindah) itu akan lebih mahal dalam regulasinya, ya kyk operator GSM. Akan tetapi fixed wireless CDMA punya keterbatasan pemakaian, dia hanya bisa digunakan pd satu wilayah saja yang memiliki kode wilayah yang sama tidak bisa digunakan di luar kodenya. Meskipun sekarang sudah ada yang namanya COMBO-nya Flexi, GOGO-nya Esia, terus apanya siapa lagi.

Tarif murah juga hanya berlaku untuk sesama operator saja, untuk selain operator atau bahasa kerennya OLO(Other liscence Operator) ya tetep mahal. Mengapa? Ya karena kalo untuk sesama operator tidak membutuhkan biaya interkoneksi(hubungan antar operator) sedangkan ke luar operator perlu tuh biaya interkoneksi yang sudah ditetapkan sama pemerintah.

Sebenere kalo masalah tarif itu harusnya pembandingnya sama, kayak misale yang memiliki teknologi yang sama. Masalah tarif juga berkaitan dengan promo dari operator2 telekomunikasi dalam rangka mendapatkan konsumen sebanyak-banyaknya. Biasanya operator yang masih sedikit pelanggan dan infrastrukturnya sudah mendukung untuk berpuluh-puluh juta pelanggan dia akan memakai jurus tarif murah… yah itu untuk ngiming-ngimingi pelanggan biar pada make, Kalo target sudah tercapai tinggal tunggu tanggal mainnya untuk mahal lagi. Hahahahaha……

Tapi kalo jurus di atas diterapkan pada operator yang sudah memiliki pelanggan berpuluh-puluh juta akan merugikan operator tersebut. Coba bayangkan kalo semua pelanggannya Call, infrastruktur jaringannya akan roboh (collapse), gara-gara ga bisa menampung (oveload) seluruh panggilan, malah akan mati (contoh infrastruktur di sini ya kayak MSC (Mobile Switching Controller, dan lain-lain). Nah…hal ini kan bisa bikin rugi..

Waduh tumben aku nulis akeh. Hehehe….. lagi nglindur apa yak …J

4 comments:

ThePartOfMyLife said...

oh ternyata regulasi yah..kirain apa perangkat gsm lebih mahal hihii... tapi kok fren tetep lebih murah dibanding gsm tuh knp?

goooooood girl said...

your blog is so good......

Anonymous said...

Menurut aku ( yang awam ) tarif yang berlaku sekarang baik GSM ataupun CDMA sepertinya masih bisa lebih murah lagi...bener ga yah Den? Mungkin akan ada hari suatu saat dimana nelpon kagak bayar,listrik tinggal pake dan uang bukan hal penting lagi... holoh jadi inget lagunya michael jackson " Heal The World
Make It A Better Place
For You And For Me
And The Entire Human Race" :D :D

Maho said...

Emang, yg gratisan itu cuma yg diberikan sama Tuhan.